Konsultan Teknologi Informasi

Konsultan Teknologi Informasi

Jasa Pemasangan UPS

2 min read
Trijaya Solution menerima jasa pemasangan UPS jabodetabek, dan luar jawa Manfaat UPS dapat memberikan energi listrik sementara ketika terjadi kegagalan daya pada listrik utama, Memberikan kesempatan waktu yang cukup untuk segera menghidupkan genset sebagai pengganti listrik utama. Memberikan kesempatan waktu yang cukup untuk segera melakukan back up data dan mengamankan sistem operasi (OS) dengan melakukan shutdown sesuai prosedur ketika listrik utama padam, Mengamankan sistem komputer dari gangguan-gangguan listrik yang dapat mengganggu sistem komputer baik berupa kerusakan software, data maupun kerusakan hardware.
jasa pemasangan ups

jasa pemasangan ups

Trijaya solution menerima jasa pemasangan UPS jabodetabek, dadn luar jawa

Manfaat UPS dapat memberikan energi listrik sementara ketika terjadi kegagalan daya pada listrik utama, Memberikan kesempatan waktu yang cukup untuk segera menghidupkan genset sebagai pengganti listrik utama. Memberikan kesempatan waktu yang cukup untuk segera melakukan back up data dan mengamankan sistem operasi (OS) dengan melakukan shutdown sesuai prosedur ketika listrik utama padam, Mengamankan sistem komputer dari gangguan-gangguan listrik yang dapat mengganggu sistem komputer baik berupa kerusakan software, data maupun kerusakan hardware.

UPS (Uninteruptable Power Supply)

UPS merupakan singkatan dari Uninteruptable Power Supply yang mempunyai pengertian UPS adalah perangkat  output yang merupakan catu daya yg tidak dapat  diinterupsi. Maksud dari kata interupsi itu sendiri  adalah kelebihan, kekurangan dan matinya arus listrik  yang digunakan untuk mengoperasikan perangkat UPS. Dengan kata lain, UPS bekerja sedemikian rupa tanpa terpengaruh oleh adanya interupsi tadi. Jadi secara umum UPS dapat diartikan sebagai suatu perangkat yang secara  otomatis menggunakan backup(mis:baterai) sebagai catu daya alternatif, untuk dapat memberikan suplay daya yang tidak terganggu untuk beban/peralatan yang terpasang.  Penggunaan UPS ini sangat umum terlebih di perusahaan-perusahaan yang besar, dimana mereka tidak menginginkan terganggunya proses produksi akibat padamnya daya listrik yang dapat menyebabkan kerugian finansial bagi mereka. Sehingga digunakanlah UPS sebagai pensuplai daya alternatif ke beban/perangkata yg terpasang bilamana jika terjadi gangguan/kegagalan daya listrik di sumber listrik utama maka UPS mem-backup kebutuhan listrik beban

menunggu sumber utama menyala kembali.

Komponen-Komponen Utama UPS

Adapun komponen-komponen utama dari UPS antara lain adalah:

Baterai adalah sebagai penyimpan energi listrik. Jika terjadi gangguan, baterai akan mem-back up kebutuhan beban dengan mengeluarkan energi listrik yang tersimpan dalam baterai akan dialirkan menuju beban. Jenis baterai yang digunakan untuk UPS  biasanya adalah  jenis Lead –Acid atau jenis Nickel Cadmium. 

Konverter/Rectifier/Penyearah Baterai tidak dapat begitu saja menyimpan energi  listrik. Tegangan sumber harus disearahkan dulu  sebelum disimpan pada baterai melalui baterai charger. Konverter berfungsi untuk menyearahkan (mengubah menjadi searah) tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah (DC) Inverter

Saat sumber utama mengalami gangguan atau black-out, maka beban akan disuplai dari baterai. Misalkan beban dalam suatu instalasi adalah beban induktif berupa motor AC, jika sumber utama terganggu dan beban di-backup baterai, maka motor AC tidak dapat langsung bekerja karena jenis tegangan yang dialirkan padanya tidak sesuai. Maka disinilah fungsi dari Inverter tersebut. Inverter berfungsi mengembalikan tegangan DC menjadi tegangan AC.

More Stories

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Chat
Hallo, Mau Konsultasi Gratis?
Customer Support 24/7
Hallo, Silahkan Jika Ingin Bertanya?
Hubungi kami untuk Konsultasi Tentang Jasa Maintenance Server, Network, Pabx, CCTV, Fortinet, Fiber Optik, Nas Synology?