Konsultan Teknologi Informasi

Konsultan Teknologi Informasi

Tips Cara Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik

3 min read

Bisnis pembuatan situs web kini tengah menjamur. Jika Anda buka Google, akan muncul ribuan artikel yang menawarkan jasa pembuatan website. Mulai dari jasa pembuatan website perusahaan, kantor, sekolah, bahkan jasa pembuatan website toko online.

Banyak pula agensi yang menawarkan harga murah dengan jaminan berkualitas. Sayangnya, tidak semua agensi memberikan penawaran yang sesuai kebutuhan Anda. Tidak sedikit pula yang hasilnya tidak sesuai ekspektasi dan mengecewakan.

Untuk itu, Anda perlu cermat agar tidak salah dalam memilih. Nah, sebelum memilih, yuk ikuti beberapa tips yang sudah kami rangkum berikut ini.

1. Perhatikan Kebutuhan dan Budget

Sebelum memilih, pastikan Anda sudah menentukan detail mengenai kebutuhan website dan budget yang ingin Anda keluarkan. Beberapa aspek yang sebaiknya dipertimbangkan seperti harga untuk domain, tema, hosting, template, dan fitur.

2. Lakukan Riset Awal

Langkah selanjutnya adalah riset awal. Tujuannya untuk menemukan vendor yang layak untuk dipertimbangkan.

Riset yang paling disarankan adalah dengan memanfaatkan fitur search engine. Anda tinggal mengetikkan keyword “jasa pembuatan website terbaik” dan akan muncul berbagai pilihan rekomendasi perusahaan.

Anda bisa mempercayakan beberapa pilihan yang muncul di halaman pertama, kedua atau ketiga. Setelah itu, lakukan seleksi untuk mendapatkan pilihan terbaik.

3. Perhatikan Tampilan Desain Website

Pastikan apakah perusahaan yang Anda pilih profesional atau tidak dengan melihat tampilan website terlebih dahulu. Sebelum melihat portofolio hasil karya mereka, lihat dulu profil utama website.

Perhatikan bagaimana antarmuka website yang dimiliki oleh vendor, apakah user friendly dan menarik bagi pengunjung. Jika iya, sudah pasti vendor tersebut kompeten.

tips memilih jasa pembuatan website
source: pixabay

4. Perhatikan Rekam Jejak Perusahaan

Langkah berikutnya adalah dengan memastikan bagaimana track record perusahaan di bidang tersebut. Lihat review dan testimoni beberapa klien yang pernah memakai agensi tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa membuat ceklist beberapa poin penting yang perlu diketahui dari perusahaan seperti di bawah ini.

  • legalitas perusahaan

Usahakan memilih perusahaan yang berbadan hukum.

  • pengalaman

Lihat berapa lama agensi berkecimpung di bisnis website. Semakin berpengalaman, maka semakin bagus.

  • cakupan layanan yang tersedia

Sebaiknya pilih yang memiliki cakupan layanan yang luas dan menyediakan banyak produk/layanan digital.

  • profil penanggung jawab & tim developer

Pastikan Anda juga sudah mengetahui profil penanggung jawab perusahaan sekaligus tim developer. Lihat apakah tim pengembang sudah cukup berpengalaman dalam bidang pembuatan situs web.

5. Lakukan Riset Mendalam

Setelah mengetahui profil perusahaan secara umum, selanjutnya lakukan riset mendalam tentang layanan jasa pembuatan website.

Untuk melakukan riset ini, Anda bisa lihat beberapa poin yang penting untuk ditekankan.

  • Portofolio

Pastikan vendor sudah mempunyai portofolio berupa kumpulan projek website yang sudah dikerjakan. Dari situ Anda bisa melihat seperti apa dan bagaimana kualitas hasil karya website development yang dimiliki.

  • Spesifikasi Hosting

Ketahui beberapa hal terkait spek hosting seperti disk space, bandwidth, CPU, RAM, dan beberapa fitur untuk keamanan.

  • Fitur

Cek fitur apa saja yang akan Anda dapatkan dari layanan perusahaan. Dari situ, Anda bisa melihat dan menyesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  • SEO support

Poin selanjutnya adalah SEO. Sebaiknya dapatkan website yang sudah SEO friendly. Aspek ini sangat penting untuk meningkatkan bisnis online Anda.

  • Lihat demo website

Sebaiknya tanyakan kepada vendor apakah mereka sudah menyiapkan demo website. Jika ada, Anda bisa lihat terlebih dahulu untuk memastikan hasil pembuatan.

Baca Juga: Wajib Tahu! Inilah Usaha Online Shop Terlaris 2021.

6. Cek Apakah Situs Responsive & Mobile Friendly

Selanjutnya Anda harus memastikan apakah website masuk dalam kategori responsive atau user friendly. Caranya? Dengan melihat bagaimana performanya ketika diakses menggunakan perangkat seluler.

Atau dengan memanfaatkan beberapa tools yang tersedia di Google untuk mengetahui responsivitas dan performa sebuah website.

7. Ketahui Keamanan Website

Jangan lupa untuk mengecek tingkat keamanan website. Pastikan website Anda memiliki keamanan tinggi terhadap virus, malware dan hacker.

Hal ini sangat penting mengingat persaingan bisnis melalui website semakin hari semakin ketat.

8. Komunikatif

Tips cara memilih jasa pembuatan website yang terakhir yaitu memastikan bahwa agensi komunikatif. Hal ini penting agar Anda mendapat bantuan ketika ada trouble pada saat mengelola website.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim Chat
Hallo, Mau Konsultasi Gratis?
Customer Support 24/7
Hallo, Silahkan Jika Ingin Bertanya?
Hubungi kami untuk Konsultasi Tentang Jasa Maintenance Server, Network, Pabx, CCTV, Fortinet, Fiber Optik, Nas Synology?